RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD N.010 PASIR PUTIH
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen
Kelas :
III (Tiga)
Waktu :3x35
menit
A.
Standar
Kompetensi :
Ø Menerapkan Kasih
antara sesama manusia dalam kehidupan sehari-hari.
B.
Kompetensi
dasar :
Ø Mampu menjelaskan Makna
kasih sebagai pengikat diantara sesama.
C.
Indicator :
Ø Mewujudkan tindakan
mengasihi sesama atau teman dalam lingkungan pergaulan.
D.
Tujuan
pembelajaran :
Ø Siswa diharapkan mampu
:
1.
Menjelaskan
makna kasih diantara sesama manusia.
2.
Dapat
menyebutkan macam-macam kasih.
3.
Menjelaskan
akibat dari tindakan iri hati.
E.
Materi
pokok :
Ø Macam-macam kasih
Ø Kasih Allah bagi
manusia
F. Metode
:
Ø Ceramah
Ø Tanya-jawab
Ø Diskusi
G. Langkah-langkah :
a.
Kegiatan
awal :
Ø Menyanyi,berdoa dan
bercerita untuk menarik perhatian anak- anak
b.
Kegiatan
inti :
1.
Guru
dapat memberikan penjelasan tentang arti kasih Allah kepada manusia yang
berdosa .
2.
Guru
dapat menyebutkan dan menjelaskan macam-macam kasih.
3.
Siswa
ditugaskan untuk membuat puisi yang bertemakan kasih.
4.
Peserta
didik diberikan kesempatan untuk membaca hasil puisinya didepan.
c. Kegiatan Akhir :
- kesimpulan
- memberikan
tugas kepada peserta didik
-
mengevaluasi yang telah dipelajari
H. Sumber belajar : Alkitab, kamus Bindo, buku panduan PAK
I.
Penilaian :
Ø Bentuk test, dan
Ø Bentuk lisan.
SD N.010 PASIR PUTIH
MENGETAHUI
Mahasiswa PPL Guru
Pamong
(Ratih Lena
Dabukke) ( PRETTY TAMPUBOLON)
Kepala
Sekolah
(
MASLAN)
NIP : 1959012 198008 1002
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD N.010 PASIR PUTIH
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen
Kelas :
VI (Enam)
Waktu :3x35
menit
A.
Standar
Kompetensi
Ø Menerapkan konsep
melayani sebagai tuntutan atau keinginan Tuhan dalam setiap kehidupan manusia
B.
Kompetensi
dasar
Ø Mampu menjelaskan arti
dari melayani untuk Tuhan dan melayani untuk manusia
C.
Indikator
Ø mewujudkan tindakan
melayani yang baik dan benar hadapan Allah.
D.
Tujuan
Pembelajaran :
Ø Siswa diharapkan mampu
:
1.
Menjelaskan
art melayani
2.
Menyebutkan
atau menjelaskan perbedaan melayani Than dan melayani sesama
3.
Menjelaskan
isi dari injil yohanes 13:4-17 tentang “pembasuhan kaki para murid”
4.
Memberikan
kesempatan pada siswa untuk memberikan pendapat tentang melayani.
E.
Materi
pokok : Konsep Iman
Kristen tentang melayani
F.
Metode
: - ceramah
-
Tanya-jawab
-
Mengajukan
pertanyaan.
G.
Langkah-langkah :
a.
Kegiatan
awal :Menyanyi, berdoa,
b.
Kegiatan
inti :
1.
Guru
dapat memberikan penjelasan tentang arti melayani
2.
Guru
mampu menjelaskan perbedaan dalam melayani untuk Tuhan dan melayani untuk
sesama.
3.
Peserta
didik ditugaskan untuk mendiskusikan tentang “pembasuhan kaki para murid” dalam
yohanes 13:4-17.
4.
Guru
dapat menjelaskan maksud dari “konsep iman Kristen tentang melayani”
c.
Kegiatan
akhir : - kesimpulan
- Membahas hasil diskusi serta mengevaluasi
kembali
- Menyanyi
dan berdoa
H. Penilaian :
Ø Bentuk test, dan
Ø Bentuk lisan.
I.
Sumber
belajar : Alkitab,
Buku panduan PAK.
SD
N. 010 PASIR PUTIH
MENGETAHUI
Mahasiswa PPL Guru
Pamong
(Ratih Lena Dabukke) (PRETTY TAMPUBOLON)
Kepala
Sekolah
(MASLAN)
NIP : 1959012 198008 100
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD N.010 PASIR PUTIH
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas :
IV (Empat)
Waktu :3x35
menit
A.
Standar
kompetensi :
Ø Mewujudkan Kuasa Tuhan
dalam setiap kehidupan manusia.
B.
Kompetensi
dasar :
Ø Mampu menjelaskan
kuasa Tuhan dalam setiap kehidupan manusia.
C.
Indicator
:
Ø Dapat meresponi kuasa
Tuhan dalam setiap pribadi manusia.
D.
Tujuan
pembelajaran :
Ø siswa diharapkan mampu
:
1.
Dapat
memahami arti “Kuasa”
2.
Menjelaskan
arti Kuasa Tuhan dalam setiap kehidupan manusia
3.
Menyebutkan
dan menjelaskan alasan seseorang tidak
yang merasakan kuasa Tuhan.
4.
Menguraikan
pentingnya kuasa Tuhan dalam setiap kehidupan manusia.
5.
Menceritakan
tokoh-tokoh Alkitab yang mengalami kuasa
Tuhan.
E.
Materi
pokok : Kuasa Tuhan dalam kehidupan manusia.
F.
Metode
:
Ø ceramah/menerangkan
Ø Tanya-jawab
Ø Diskusi kelompok.
G.
Langkah-langkah
:
a.
Kegiatan
awal : Nyanyi dan berdoa
b.
Kegiatan
inti :
1.
Guru
dapat menjelaskan arti “kuasa”
2.
Guru
dapat Menjelaskan arti Kuasa Tuhan dalam
setiap kehidupan manusia
3.
Menyebutkan
dan menjelaskan alasan seseorang tidak
yang merasakan kuasa Tuhan.
4.
Menguraikan
pentingnya kuasa Tuhan dalam setiap kehidupan manusia.
5.
Menceritakan
tokoh-tokoh Alkitab yang mengalami kuasa
Tuhan.
c.
Kegiatan
akhir : - Kesimpulan
-
Bercerita yang menyangkut pembahasan kuasa
- Nyanyi dan berdoa
H.
Sumber
belajar : Alkitab, buku
panduan PAK.
I.
Penilaian
:
Ø Bentuk test, dan
Ø Bentuk lisan.
SD N. 010 PASIR PUTIH
MENGETAHUI
Mahasiswa PPL
Guru Pamong
(Ratih Lena
Dabukke) (PRETTY TAMPUBOLON)
Kepala Sekolah
(MASLAN)
NIP : 1959012 198008
1002
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD N.010 PASIR PUTIH
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen
Kelas :
V (lima)
Waktu :3x35
menit
A.
Standar
Kompetensi
Ø Meresponi nilai-nilai
kasih dan pengampunan Allah dalam kehidupan manusia.
B.
Kompetensi
dasar
Ø Dapat memahami benar
bahwa Allah adalah pengasih dan penyayang.
C.
Indicator
Ø Dapat menerapkan kasih
Allah dalam setiap kehidupan manusia.
D.
Tujuan
pembelajaran
Ø Siswa diharapkan mampu
:
1.
Memahami
arti kasih dan pengampunan Allah terhadap manusia.
2.
Dapat
menerapkan kasih dalam setiap kehidupan manusia.
3.
Mampu
mewujudkan kasih dalam setiap kehidupan sebagai anak-anak terang.
E.
Materi
pokok : Tuhan
Allah maha pengasih dan maha pengampun.
F.
Metode
:
Ø Ceramah
Ø Tanya –jawab / diskusi
Ø Evaluasi.
G.
Langkah-langkah
:
a.
Kegiatan
awal : menyanyi dan berdoa
b.
Kegiatan
inti :
1.
Menjelaskan
arti kasih dan pengampunan Tuhan terhadap manusia yang berdosa.
2.
Menceritakan
/menjelaskan kembali kejatuhan manusia sampai terputusnya hubungan Allah dengan
manusia.
3.
Menjelaskan
mengapa Allah begitu mengasihi dan mengampuni manusia.
4.
Menjelaskan
tindakan manusia, ketika manusia mengetahui bahwa Allah adalah kasih.
5.
Menjelaskan
mengapa manusia berdosa itu tidak dibinasakan.
c.
Kegiatan
Akhir : - Kesimpulan
- Memberikan
tugas
- Evaluasi
H.
Sumber
belajar : Alkitab
, buku panduan PAK.
I.
Penilaian
:
Ø Bentuk test, dan
Ø Bentuk lisan.
SD
N. 010 PASIR PUTIH
MENGETAHUI
Mahasiswa PPL
Guru Pamong
(Ratih Lena
Dabukke) (PRETTY TAMPUBOLON)
Kepala Sekolah
(MASLAN)
NIP : 1959012 198008
1002
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD N.010 PASIR PUTIH
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen
Kelas :
III (Tiga)
Waktu :3x35
menit
A.
Standar
kompetensi :
Ø Mewujudkan sikap
ketergantungan manusia ada Tuhan dalam setiap kehidupannya.
B.
Kompetensi
dasar :
Ø Memiliki sikap
ketergantungan dalam diri manusia kepada Tuhan.
C.
Indicator
:
Ø Menerapkan sikap
ketergantungan pada Tuhan
D.
Tujuan
pembelajaran :
Ø siswa diharapkan mampu
:
1.
Memahami
arti dari ketergantungan manusia pada Tuhan
2.
Mengetahui
ketergantungan bangsa Israel kepada Tuhan alam perjalanan mereka ketanah
perjanjian.
3.
Mengetahui
alasan manusia selalu bergantung pada Tuhan.
E.
Materi Pokok :
Konsep ketergantungan manusia pada Tuhan.
F.
Metode
:
-
Ceramah
-
Tanya-jawab
-
Evaluasi
G.
Langkah-langkah :
a.
Kegiatan
awal : menyanyi dan berdoa
b.
Kegiatan
inti :
1.
Guru
dapat menjelaskan ketergantungan manusia pada Tuhan.
2.
Siswa
diberikan tugas untuk membaca dalam kitab keluaran 14:15-31, dan mengetahui
ketergantungan bangsa Israel kepada Tuhan dalam perjalanan mereka menuju tanah
perjanjian.
3.
Guru
dapat menjelaskan mengapa dan apa alasan manusia selalu bergantung pada Tuhan.
4.
Menjelaskan
sesuatu yang terjadi ketika seseorang selalu bergantung pada Tuhan.
c.
Kegiatan
akhir : - Ceramah
- Evaluasi
- Menyanyi dan berdoa
H.
Sumber belajar :
Alkitab, buku panduan PAK.
I. Penilaian :
Ø Bentuk test, dan
Ø Bentuk lisan.
SD N. 010 PASIR PUTIH
MENGETAHUI
Mahasiswa PPL Guru Pamong
(Ratih Lena Dabukke) (PRETTY TAMPUBOLON)
Kepala Sekolah
(MASLAN)
NIP : 1959012 198008 1002
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD N.010 PASIR PUTIH
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen
Kelas :
VI (enam)
Waktu :3x35
menit
A.
Standar
Kompetensi :
Ø Mengetahui dan
memahami bahwa melayani adalah sebuah ibadah yang berkenan dihadapan Tuhan.
B.
Kompetensi
dasar :
Ø Memiliki hati yang
benar-benar melayani hanya untuk Tuhan.
C.
Indicator
:
Ø Menerapkan sikap
pelayanan Yesus dalam setiap kehidupan manusia.
D.
Tujuan
Pembelajaran :
Ø Siswa diharapkan mampu:
1.
Dapat
memahami dan menerapkan bahwa pelayanan juga adalah sebuah ibadah.
2.
Mampu
menjelaskan sikap pelayanan Yesus dalam dunia.
3.
Mampu
mengetahui dengan benar tentang elayani didalam Yesus.
E.
Materi
pokok :
konsep melayani.
F.
Metode
:
Ø ceramah,
Ø Tanya-jawab/diskusi
Ø evaluasi
G.
Langkah-langkah
:
a.
Kegiatan
awal : menyanyi dan berdoa.
b.
Kegiatan
inti :
1.
Guru
dapat menjelaskan tentang bahwa melayani
adalah bagian dari ibadah.
2.
Memberikan
penjelasan arti melayani.
3.
Menjelaskan
makna beribadah
4.
Siswa
diberikan waktu membaca dan merenungkan dalam injil matius 25:34-35, serta
memberikan pendapat.
d.
Kegiatan
akhir :- Kesimpulan
- Memberikan tugas.
- Menyanyi dan berdoa.
H.
Sumber
belajar :
Alkitab, buku panduan PAK.
I.
Penilaian
:
Ø Bentuk test, dan
Ø Bentuk lisan.
SD
N.010 PASIR PUTIH
MENGETAHUI
Mahasiswa PPL Guru Pamong
(Ratih Lena Dabukke)
(PRETTY TAMPUBOLON)
Kepala Sekolah
(MASLAN)
NIP
: 1959012 198008 1002
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD N.010 PASIR PUTIH
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen
Kelas :
IV (empat)
Waktu :3x35
menit
A.
Standar
kompetensi :
Ø Mewujudkan sikap
ketergantungan pada Tuhan dalam setiap kehidupan manusia .
B.
Kompetensi
dasar :
Ø Memiliki sikap
ketergantungan pada Tuhan dalam kehidupan sehari-hari / dalam diri manusia pada
Tuhan.
C.
Indicator
:
Ø menerapkan sikap
ketergantungan pada Tuhan dalam kehidupan sehari-hari
D.
Tujuan
pembelajaran :
Ø Siswa diharapkan mampu
:
1.
Memahami
arti ketergantungan manusia pada Tuhan .
2.
Mengetahui
ketergantungan bangsa Israel kepada Tuhan dalam perjalanan mereka menuju tanah
kanaan.
3.
Mengetahui
alasan manusia selalu bergantung pada Tuhan.
E.
Materi
pokok : Konsep
ketergantungan manusia pada Tuhan.
F.
Metode
:
Ø ceramah,
Ø Tanya-jawab/ diskusi
kelompok,
Ø evauasi,
G.
Langkah-langkah
:
a.
Kegiatan
awal : Menyanyi dan berdoa.
b.
Kegiatan
inti :
1.
Menjelaskan
arti sikap ketergantungan manusia pada
Tuhan.
2.
Guru
dapat menjelaskan ketergantungan manusia pada Tuhan.
3.
Siswa
diberikan tugas untuk membaca dalam kitab keluaran 14:15-31, dan mengetahui
ketergantungan bangsa Israel kepada Tuhan dalam perjalanan mereka menuju tanah
perjanjian.
4.
Guru
dapat menjelaskan mengapa dan apa alasan manusia selalu bergantung pada Tuhan.
5.
Menjelaskan
sesuatu yang terjadi ketika seseorang selalu bergantung pada Tuhan.
c.
Kegiatan
akhir : - Kesimpulan
- Memberikan tugas-tugas
- Menyanyi
dan berdoa
H.
Sumber belajar :
Alkitab, buku panduan PAK.
SD
N.010 PASIR PUTIH
MENGETAHUI
Mahasiswa
PPL Guru
Pamong
(Ratih Lena Dabukke) (PRETTY TAMPUBOLON)
Kepala Sekolah
(MASLAN)
NIP
: 1959012 198008 100
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD N.010 PASIR PUTIH
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen
Kelas :
V (lima)
Waktu :3x35
menit
A.
Standar
Kompetensi :
Ø Meresponi
tindakan-tindakan Allah alam mengampuni orang-orang berdosa.
B.
Kompetensi
Dasar :
Ø Mewujudkan sikap
pengampunan dalam kehidupan sehai-hari.
C.
Indicator
:
Ø Menjelaskan bagaimana
Allah mengampuni orang-orang yang menyesali dosanya.
D.
Tujuan
pembelajaran :
Ø Siswa diharapkan
mampu:
1.
Menjelaskan
arti pengampunan.
2.
Memahami
arti pengampunan antara sesama dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Menerapkan
sikap pengampunan pada orang lain.
E.
Materi
pokok : Konsep
pengampunan.
F.
Metode
:
Ø Ceramah,
Ø Tanya-jawab/diskusi,
evaluasi.
G.
Langkah-langkah
:
a.
Kegiatan
awal : Menyanyi dan berdoa.
b.
Kegiatan
inti :
1.
Guru
memberikan tentang arti pengampunan .
2.
Memberikan
pemahaman tentang makna pengampunan antara sesame dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Menjelaskan
atau menceritakan tentang nabi Yunus serta siswa memberikan pendapat.
4.
Menjelaskan
apa akibat mengampuni dan akibat kalau tidak mengampuni.
5.
Menjelaskan
alasan Tuhan mengapa Ia mengampuni orang yang menyesali dosanya.
c.
Kegiatan
akhir :- Kesimpulan
- Memberikan tugas
- Menyanyi
dan berdoa
H.
Sumber
belajar :
Alkitab, buku panduan PAK.
I.
Penilaian
:
Ø Bentuk test, dan
Ø Bentuk lisan.
SD
N.010 PASIR PUTIH
MENGETAHUI
Mahasiswa
PPL Guru
Pamong
(Ratih Lena Dabukke)
(PRETTY TAMPUBOLON)
Kepala Sekolah
(MASLAN)
NIP
: 1959012 198008 1002
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD N.010 PASIR PUTIH
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen
Kelas :
III (tiga)
Waktu :3x35
menit
A.
Standar
Kompetensi
Ø Meresponi sikap
ketaatan Allah dalam kehidupan manusia
B.
Kompetensi
Dasar
Ø Mewujudkan sikap
ketaatan Allah kepada manusia yang berdosa.
C.
Indikator
Ø Menjelaskan bagaimana
ketaatan Allah kepada manusia yang berdosa.
D.
Tujuan
pembelajaran
Ø Siswa diharapkan mampu
:
1.
Mengerti
arti ketaatan.
2.
Mampu
menerapkan sikap ketaatan Yesus dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Mampu
memahami makna ketaatan Yesus dalam setiap kehidupan manusia.
4.
Mampu
menerapkan setiap sikap dan perilaku Allah terhadap manusia.
E.
Materi
pokok
Ø Ketaatan dalam
melakukan kehendak Allah.
F.
Metode
Ø Ceramah
Ø Tanya-jawab
Ø Evaluasi.
G.
Langkah-langkah
:
a.
Kegiatan
awal : menyanyi, berdoa dan memotivasi
siswa mengeluarkan pendapat.
b.
Kegiatan
inti :
1.
Guru
menjelaskan arti ketaatan.
2.
Menjelaskan
makna ketaatan Allah kepada manusia.
3.
Memahami
tentang Allah dalam melindungi setiap kehidupan manusia.
4.
Menjelaskan
timbulnya awal sikap ketaatan dalam diri seseorang.
c.
Kegiatan
akhir :
1.
Kesimpulan.
2.
Menyajukan
pertanyaan tentang materi
3.
Pemberian
tugas-tugas (PR)
4.
Menyanyi
dan berdoa.
H.
Sumber
belajar : Alkitab, buku panduan PAK.
I.
Penilaian
:
Ø Bentuk test, dan
Ø Bentuk lisan.
SD
N.010 PASIR PUTIH
MENGETAHUI
Mahasiswa
PPL Guru
Pamong
(Ratih Lena Dabukke) (PRETTY TAMPUBOLON)
Kepala Sekolah
(MASLAN)
NIP
: 1959012 198008 1002
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD N.010 PASIR PUTIH
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen
Kelas :
VI (enam)
Waktu :3x35
menit
A.
Standar
kompetensi :
Ø Meresponi nilai-nilai
pelayanan atau cara melayani yang benar dihadapan Allah.
B.
Kompetensi
dasar :
Ø Mewujudkan cara
pelayanan Yesus.
C.
Indicator
:
Ø Menjelaskan perbedaan
melayani dalam iman Kristen dan iman agama lain.
D.
Tujuan
pembelajaran :
Ø Siswa diharapkan
mampu :
1.
Mengerti
perbedaan melayani dalam iman Kristen dan agama lain.
2.
Memahami
perbedaan tujuan melayani dalam iman Kristen dan agama lain.
E.
Materi
pokok : konsep melayani yang benar.
F.
Metode
:
Ø Ceramah
Ø Diskusi
Ø Penberian tugas-tugas.
G.
Langkah-langkah
:
a.
Kegiatan
awal : menyanyi, berdoa dan memotivasi siswa mengeluarkan pendapat.
b.
Kegiatan
inti :
1.
Menjelaskan
perbedaan dan persamaan dalam melayani.
2.
Memberikan
pemahaman tentang melayani yang benar dihadapan Allah.
3.
Menjelaskan
tentang melayani dalam iman Kristen dan agama lain.
4.
Memberikan
tugas pada siswa untuk menulis pelayanan apa saja yang dapat manusia lakukan
bagi Allah dan bagi sesame.
c.
Kegiatan
akhir :
Ø Kesimpulan
Ø Mengajukan pertanyaan
sesuai dengan materi
Ø Pemberian tugas (PR)
Ø Menyanyi dan berdoa.
H.
Penilaian
:
Ø Bentuk test, dan
Ø Bentuk lisan.
I.
Sumber
belajar : Alkitab, buku pendidikan agama Kristen.
SD N.010 PASIR PUTIH
MENGETAHUI
Mahasiswa
PPL Guru
Pamong
(Ratih Lena Dabukke) (PRETTY TAMPUBOLON)
Kepala Sekolah
(MASLAN)
NIP
: 1959012 198008 1002
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD N.010 PASIR PUTIH
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen
Kelas :
IV (empat)
Waktu :3x35
menit
A.
Standar
kompetensi :
Ø Meresponi sikap ketaatan
Allah dalam kehidupan manusia.
B.
Kompetensi
dasar :
Ø Mewujudkan sikap
ketaatan Allah dalam kehidupan manusia.
C.
Indicator
:
Ø Menjelaskan tentang
ketaatan Allah kepada manusia yang berdosa.
D.
Tujuan
pembelajaran :
Ø Siswa diharapkan mampu
:
1.
Mengerti
arti ketaatan
2.
Mampu
menerapkan sikap ketaatan Allah dalam kehidupan manusia.
3.
Mampu
memahami makna ketaatan Allah dalam kehidupan manusia.
4.
Mampu
menerapkan setiap sikap dan perilaku Allah terhadap manusia.
E.
Materi
pokok : Ketaatan dalam melakukan kehendak
Allah.
F.
Metode
:
Ø Ceramah
Ø Tanya-jawab
Ø Pemberian tugas-tugas
G.
Langkah-langkah
:
a.
Kegiatan
awal : Menyanyi, berdoa dan memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
b.
Kegiatan
inti :
1.
Guru
menjelaskan arti ketaatan
2.
Menjelaskan
makna ketaatan Allah kepada manusia.
3.
Memberikan
pemahaman tentang ketaatan Allah dalam melindungi manusia .
4.
Menjelaskan
timbulnya awal sikap ketaatan dalam diri seseorang.
5.
Apa
akibat jika manusia tidak taat kepada kehendak Allah.
c.
Kegiatan
akhir :
Ø Kesimpulan
Ø Mengajukan pertanyaan sesuai
materi.
Ø Memberikan tugas (PR)
Ø Menyanyi dan berdoa.
H.
Penilaian
:
Ø Bentuk test, dam
Ø Bentuk lisan.
I.
Sumber
belajar : Alkitab, dan buku
pendidikan agama Kristen.
SD N.010 PASIR PUTIH
MENGETAHUI
Mahasiswa
PPL Guru
Pamong
(Ratih Lena Dabukke)
(PRETTY TAMPUBOLON)
Kepala Sekolah
(MASLAN)
NIP
: 1959012 198008 1002
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD N.010 PASIR PUTIH
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen
Kelas :
V (lima)
Waktu :3x35
menit
A.
Standar
kompetensi :
Ø Menunjukkan suatu
kerinduan untuk bertobat.
B.
Kompetensi
dasar :
Ø Menunjukkan suatu
sikap yang benar-benar berbalik kejalan
Tuhan
C.
Indicator
:
Ø Menjelaskan dan
memberikan pemahaman tentang pertobatan.
D.
Tujuan
pembelajaran :
Ø Siswa diharapkan mampu
:
1.
Memahami
atau mengerti arti pertobatan.
2.
Memahami
makna pertobatan dalam Kristus.
3.
Mampu
memberikan teladan yang baik kepada rang yang belum mengenal Allah.
E.
Materi
pokok : Konsep pertobatan.
F.
Metode
:
Ø Ceramah
Ø Diskusi kelompok.
Ø Mangajukan pertanyaan.
G.
Langkah-langkah
:
a.
Kegiatan
awal : Menyanyi dan berdoa.
b.
Kegiatan
inti :
1.
Guru
menjelaskan arti pertobatan.
2.
Memahami makna pertobatan dalam diri seseorang.
3.
Menjelaskan
akibat bila seseorang tidak berbalik kejalan Tuhan.
4.
Menjelaskan
kehidupan seseorang yang sudah bertobat.
5.
Menyebutkan
nama-nama tokoh Alkitab yang awalnya
melakukan kejahatan an akhirnya berbalik kejalan Tuhan.
c.
Kegiatan
akhir :
Ø Kesimpulan.
Ø Pemberian tugas-tugas
(PR)
Ø Menyanyi dan berdoa.
H.
Penilaian
:
Ø Bentuk test, dan
Ø Bentuk lisan .
I.
Sumber
belajar : Alkitab, dan buku pendidikan agama Kristen.
SD N.010 PASIR PUTIH
MENGETAHUI
Mahasiswa
PPL Guru
Pamong
(Ratih Lena Dabukke) (PRETTY TAMPUBOLON)
Kepala Sekolah
(MASLAN)
NIP
: 1959012 198008 1002
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD N.010 PASIR PUTIH
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen
Kelas :
III (tiga)
Waktu :3x35
menit
A.
Standar
kompetensi :
Ø Memahami makna doa
dalam setiap kehidupan manusia.
B.
Kompetensi
dasar :
Ø Menerapkan cara berdoa
yang benar sesuai kehendak Allah.
C.
Indicator
:
Ø Menjelaskan dan
memberikan pemahaman bahwa berdoa juga sebagai pengakuan kita
D.
Tujuan
pembelajaran :
Ø Siswa diharapkan mampu
:
1.
Menjelaskan
arti doa.
2.
Dapat
menyebut atau menghafal oa yang diajarkan Tuhan Yesus.
3.
Memahami
doa Bapa kami sebagai pengakuan akan kuasa dan pemeliharaan Tuhan atas
orang-orang percaya.
E.
Materi
pokok : Doa sebagai pengakuan akan kuasa Tuhan.
F.
Metode
:
Ø Ceramah
Ø Diskusi kelompok.
Ø Mangajukan pertanyaan.
G.
Langkah-langkah
:
a.
Kegiatan
awal : Menyanyi dan berdoa.
b.
Kegiatan
inti :
1.
Guru
menjelaskan arti tentang doa.
2.
Guru
dapat memberikan pemahaman tentang Doa sebagai pengakuan akan kuasa Tuhan.
3.
Menjelaskan
mengapa manusia perlu berdoa.
4.
Siswa
dapat menceritakan kapan dan dimana saja kita berdoa.
c.
Kegiatan
akhir :
Ø Kesimpulan.
Ø Pemberian tugas-tugas
(PR)
Ø Menyanyi dan berdoa.
H.
Penilaian
:
Ø Bentuk test, dan
Ø Bentuk lisan .
I.
Sumber
belajar : Alkitab, dan buku pendidikan agama Kristen.
SD N.010 PASIR PUTIH
MENGETAHUI
Mahasiswa
PPL Guru
Pamong
(Ratih Lena Dabukke)
(PRETTY TAMPUBOLON)
Kepala Sekolah
(MASLAN)
NIP
: 1959012 198008 1002
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD N.010 PASIR PUTIH
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen
Kelas :
IV (empat)
Waktu :3x35
menit
A.
Standar
kompetensi :
Ø Memahami sikap
kepemimpinan yang benar dihadapan Allah.
B.
Kompetensi
dasar :
Ø Mewujudkan sebuah
sikap yang benar dari seseorang pemimpin yang sudah berpengalaman.
C.
Indicator
:
Ø Menjelaskan arti
sebuah kepemimpinan dalam memimpin suatu bangsa yang penuh pemberontakan.
D.
Tujuan
pembelajaran :
Ø Siswa diharapkan mampu
:
1.
Dapat
mengetahui kesalahan atau kekurangan Musa sebagai pemimpin bangsa Israel.
2.
Siswa
memahami bahwa setiap manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan dalam memiliki
keterbatasan dalam diri orang-orang yang memimpinnya.
E.
Materi
pokok : Belajar dari pengalaman Musa sebagai pemimpin.
F.
Metode
:
Ø Ceramah
Ø Diskusi kelompok.
Ø Mengajukan pertanyaan.
G.
Langkah-langkah
:
a.
Kegiatan
awal : Menyanyi dan berdoa.
b.
Kegiatan
inti :
1.
Menjelaskan
arti kepemimpinan.
2.
Menjelaskan
makna kepemimpinan dalam memimpin suatu bangsa,
3.
Menjelaskan
sesuatau yang terjadi bila seseorang tidak menjalani kepemimpinannya dengan
benar
c.
Kegiatan
akhir :
Ø Kesimpulan.
Ø Pemberian tugas-tugas
(PR)
Ø Menyanyi dan berdoa.
H.
Penilaian
:
Ø Bentuk test, dan
Ø Bentuk lisan .
I.
Sumber
belajar : Alkitab, dan buku pendidikan agama Kristen.
SD N.010 PASIR PUTIH
MENGETAHUI
Mahasiswa
PPL Guru
Pamong
(Ratih Lena Dabukke) (PRETTY TAMPUBOLON)
Kepala Sekolah
(MASLAN)
NIP
: 1959012 198008 1002
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD N.010 PASIR PUTIH
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen
Kelas :
V (lima)
Waktu :3x35
menit
A.
Standar
kompetensi :
Ø Mewujudkan sebuah
sikap yang baik dalam setiap kehidupan manusia sebagai anak-anak terang.
B.
Kompetensi
dasar :
Ø Menerapkan sikap
seorang Bapa yang sayang dan cinta kepada anak-anaknya.
C.
Indicator
:
Ø Menjelaskan bagaimana
hati bapa yang kehilangan anaknya.
D.
Tujuan
pembelajaran :
Ø Siswa diharapkan mampu
:
1.
Menjelaskan
maksud dari perumpamaan tentang anak yang hilang.
2.
Menjelaskan
sikap seorang bapa yang kehilangan anaknya.
3.
Menyebutkan
dan menjelaskan apa yang akan terjadi ila seorang anak tidak kembali kepangkuan
ayahnya menurut Lukas 15:11-32.
E.
Materi
pokok : Perumpamaan tantang anak yang
hilang.
F.
Metode
:
Ø Ceramah
Ø Diskusi kelompok.
Ø Mangajukan pertanyaan.
G.
Langkah-langkah
:
a.
Kegiatan
awal : Menyanyi dan berdoa.
b.
Kegiatan
inti :
1.
Menjelaskan
maksud dari perumpamaan tentang anak yang hilang.
2.
Menjelaskan
apa akibat jika seorang anak tidaka kembali kepangkuan Bapanya..menurut Lukas
15:11-32
3.
Menjelaskan
sikap seorang bapa yang kehilangan anaknya.
4.
Membahas
Lukas 15:11-32.
c.
Kegiatan
akhir :
Ø Kesimpulan.
Ø Pemberian tugas-tugas
(PR)
Ø Menyanyi dan berdoa.
H.
Penilaian
:
Ø Bentuk test, dan
Ø Bentuk lisan .
I.
Sumber
belajar : Alkitab, dan buku pendidikan agama Kristen.
SD N.010 PASIR PUTIH
MENGETAHUI
Mahasiswa
PPL Guru
Pamong
(Ratih Lena Dabukke) (PRETTY TAMPUBOLON)
Kepala Sekolah
(MASLAN)
NIP
: 1959012 198008 1002
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD N.010 PASIR PUTIH
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen
Kelas :
III (tiga)
Waktu :3x35
menit
A.
Standar
kompetensi :
Ø Memahami makna doa
dalam setiap kehidupan manusia.
B.
Kompetensi
dasar :
Ø Menerapkan sebuah doa
yang benar..
C.
Indicator
:
Ø Menjelaskan arti
tentang kehidupan manusia harus sesuai dengan doa.
D.
Tujuan
pembelajaran :
Ø Siswa diharapkan mampu
:
1.
Mengerti
bahwa manusia harus sungguh berusaha agar kehidupannya sesuai dengan doa.
2.
Siswa
mau berusaha untuk mengampuni kesalahan orang lain, sesuai dengan kata-kata Dalam doa bapa kami yang
diajarkan Tuhan Yesus.
E.
Materi
pokok : kehidupan sesuai dengan doa.
F.
Metode
:
Ø Ceramah
Ø Diskusi kelompok.
Ø Mangajukan pertanyaan.
G.
Langkah-langkah
:
a.
Kegiatan
awal : Menyanyi dan berdoa.
b.
Kegiatan
inti :
1.
Menjelaskan
maksud dari kehidupan sesuai dengan doa.
2.
Menjelaskan
tentang doa yang mengampuni orang lain.
3.
Menjelaskan
mengapa Allah harus mengajari cara berdoa yang benar kepada manusia.
4.
Memahami
bahwa doa memiliki kuasa besar dari Allah.
c.
Kegiatan
akhir :
Ø Kesimpulan.
Ø Pemberian tugas-tugas
(PR)
Ø Menyanyi dan berdoa.
H.
Penilaian
:
Ø Bentuk test, dan
Ø Bentuk lisan .
I.
Sumber
belajar : Alkitab, dan buku pendidikan agama Kristen.
SD N.010 PASIR PUTIH
MENGETAHUI
Mahasiswa
PPL Guru
Pamong
(Ratih Lena Dabukke) (PRETTY TAMPUBOLON)
Kepala Sekolah
(MASLAN)
NIP
: 1959012 198008 1002
Poker – Baccarat: Which is Best - FBCASINO.com
BalasHapusBest Poker Game – Best. 1xbet Poker Game – Best. Poker Game – Best. Poker Game – Best. 바카라사이트 Poker Game – Best. Poker Game 온카지노 – Best.